Daftar Isi:
  • Tujuan penelituan ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasu belajar mata pelajaran kewirausahaan SMK Swasta Sinar Husni Helvetia Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian inu adalah penelitian ekspos facto. Populasi dalam penelitian inu adalah seluruh siswa kelas XI AP yang berjumlah 170 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang dengan teknik simple random sampling yang berarti sebagian dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket dan dokumentasi hasil nilai ujian semester genap. Uji validitas untuk butir angket menggunakan regresi linear berganda, uji reliabilitas dihitung dengan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linaer berganda, uji t dan uji f. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 22, diperoleh persamaan regresi linaer berganda Y = 21,480 + 0.479X1 + 0,378X2. Variabel motivasi belajar (X1) memiliki pengaruh yang positif dan siginifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (4.032 > 1.668) and sig < 0,005 (0.00 < 0,05). Sementara disiplin belajar (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (3.082 > 1.668) and sig < 0.05 (0.03 < 0.05). Secara bersama-sama motivasi belajar dan disipin belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai fhitung > ftabel (35,198 > 3.13) and sig < 0.05 (0.00 < 0.05. Presentase sumbangan yang diberikan variabel motivasi belajar siswa dan disiolin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 51%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dan disiplin belajar siswa terhadap presasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan SMK Swasta Sinar Husni Helvetia Medan T.A 2018/2019.