Daftar Isi:
  • Dengan populasi 75 mahasiswa dan sampel berjumlah 75 mahasiswa yang diambil secara keseluruhan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket mata kuliah magang sebanyak 20 item soal, serta minat Minat Menjadi Guru sebanyak 22 item soal dengan menggunakan skala likert. Dari hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh hasil bahwa variabel mata kuliah magang (X) berpengaruh terhadap minat menjadi guru (Y) secara linear. Berdasarkan persamaan diatas maka pengaruh tersebut terlihat dalam persamaan regresi linear sederhana dengan makna sebagai berikut: Konstanta sebesar 49,792 memiliki arti yaitu jika variabel mata kuliah magang (X) bernilai 0, maka minat menjadi guru (Y) akan dipengaruhi oleh variabel lain. Minat menjadi guru (Y) ini secara matematis pengaruhnya diukur secara numerik sebesar 49,792. Koefisien regresi variabel oleh indikator mata kuliah magang (X) sebesar 0,194. Artinya akan mempengaruhi minat menjadi guru (Y). Dengan asumsi variabel mata kuliah magang (X) nilainya tetap. Maka minat menjadi guru (Y) akan mengalami perubahan atau akan meningkat dengan angka numerik sebesar 0,194. Dilihat dari sisi elastisitasnya maka dapat diinterprestasikan bahwa kenaikan tingkat media internet sebagai sumber pembelajaran akan diikuti dengan kenaikan prestasi belajar siswa sebesar 19,4 %.