Pembelajaran Bahasa Indonesia Terintegrasi Nilai-Nilai Islami Pada Era Revolusi Industri 4.0
Main Author: | Siregar, Saripah Hannum |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FBS Unimed Press
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/41223/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/41223/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi dan infromasi pada era revolusi industri 4.0 membawa dampak positif dan negatif pada dunia pendidikan. Pengaruh negatif tidak dapat dihindari peserta didik jika tidak ada pengawasan dan penanaman pendidikan karakter. Pembelajaran bahasa Indonesia terintegrasi nilai-nilai Islami pada era revolusi industri 4.0 merupakan salah satu upaya penanaman dan penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia terintegrasi nilai-nilai Islami pada era revolusi industri 4.0 di MAN 2 Model Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di MAN 2 Model Medan pada era revolusi industri dan era kenormalan baru dilaksanakan secara daring dengan menggunakan zoom, vidio conference, e-learning madrasah dan grup WA. Sedangkan pendekatan pembelajaran yang dilakukan adalah pendekatan saintifik. Pengintegrasian nilai-nilai Islami pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilakukan dalam proses pembelajaran dan pada materi pelajaran dengan cara mengaitkannya dengan Al-Qur’an dan Hadist. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk menerapkan pembelajaran bahasa Indonesia terintegrasi nilai-nilai Islami khususnya di sekolah bernuansa Islami.