PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DELI TUA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan disiplin belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Deli Tua Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 141 orang, dengan jumlah sampel yaitu 69 orang orang dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment Pearson, dan relibilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik, dan selanjutnya dianalisis dengan uji regresi, uji t (uji parsial), uji F (uji simultan), dan analisis koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS versi 20. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 4,457 + 0,479X1 + 0,517X2 + e . berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien pola asuh orang tua (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila pola asuh orang tua (X1) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar ekonomi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien disiplin belajar (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila disiplin belajar siswa (X2) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar ekonomi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 6,457 > 1,994 ttabel dan nilai signifikan a sebesar 0,000 < 0,05. Disiplin belajar juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 6,215 > 1,994 ttabel dan nilai signifikan a sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya pola asuh orang tua dan disiplin belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan Fhitung sebesar 153,697 > 3,13 dengan nilai signifikansi a sebesar 0,000 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 82%, sedangkan 18% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.