PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING TERHADAP EFISIENSI PEMBELAJARAN DAN KUALITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2016 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AKADEMIK 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini ialah kurang efisiennya proses pembelajaran dengan menggunakan e-learning yang dilakukan selama magang 3 dan rendahnya kualitas pembelajaran mahasiswa program studi pendidikan ekonomi stambuk 2016 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-learning terhadap efisiensi pembelajaran dan kualitas pembelajaran mahasiswa program studi pendidikan ekonomi stambuk 2016. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan Jl. Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, yang dilaksanakan pada semester ganjil T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah expost facto.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 123 mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Sampel sebanyak 94 mahasiswa dengan teknik purposive sampling kriteria pengguna e-learning.Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan menyebarkan angket yang diperoleh 30 angket dinyatakan valid dan reliabel.Kemudian data yang terkumpul dari hasil angket dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Dari hasil analisis diperoleh hasil adanya pengaruh yang positif dan signifikan penerapan e-learning (X) terhadap efisiensi pembelajaran (Y1) dan kualitas pembelajaran (Y2) mahasiswa program studi pendidikan ekonomi stambuk 2016 Universitas Negeri Medan T.A 2019/2020. Hal ini ditandai dengan nilai thitung > ttabel dimana hasil uji variabel penerapan e-learning terhadap efisiensi pembelajaran menunjukkan nilai thitung sebesar 9.877lebih besar dari ttabel 1.66159 dengan nilai Rsquare (R2) sebesar 51,5%. Sedangkan hasil uji variabel penerapan e-learning terhadap kualitas pembelajaran menunjukkan nilai thitung sebesar 10.274 lebih besar dari ttabel 1.66159 dengan nilai Rsquare (R2) sebesar 53,4%.