Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat berwirausaha pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh nilai mata kuliah kewirausahaan dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jenis penelitian ini expost facto dengan jumlah sampel sama dengan jumlah seluruh populasi penelitian yaitu sebanyak 89 mahasiswa program studi pendidikan bisnis stambuk 2017 Universitas Negeri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sebelum digunakan angket terlebih dahulu diuji valid dan reliable, dari hasil pengujian kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai mata kuliah kewirausahaan berpengaruh negative secara parsial terhadap minat berwirausaha dengan nilai thitung < ttabel = (1.405 < 1.987) dengan nilai sig 0.164 < 0,05 = (0.164 < 0,05). Variabel penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat berwirausaha dengan nilai thitung > ttabel = (6.883 > 1,987) serta nilai sig > 0,05 = (0,000 < 0,05). Secara simultan variabel nilai mata kuliah kewirausahaan dan penggunaan media sosial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai Fhitung > dari Ftabel= (27.847 > 3.100) serta nilai sig = 0.000 < dari nilai α (0.000 < 0,05). Hasil penelitian tersebut didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh Lies Indriyatni (2013) Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap minat mahasiswa paling besar adalah hanya sebesar 11.4%. Disimpulkan bahwa nilai mata kuliah dan penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.