PENGARUH PERSEPSI DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI SUSU KAMBING ETAWA PADA PETERNAKAN BAPAK BUDI UTOMO DESA BATANGKUIS SEIROTAN KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Persepsi dan Preferensi terhadap Minat Beli Susu Kambing Etawa Pada Peternakan Bapak Budi Utomo, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Batangkuis Seirotan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80, dengan jumlah sampel 80 responden. Yang menjadi responden merupakan pelanggan yang berkunjug ke peternakan dan yang pernah mengonsumsi susu kambing etawa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket (Kuesioner) yang pengukurannya menggunakan skala Likert dan diolah secara statistik dengan menggunakan metode Analisis Regresi Berganda dengan persamaan Y=a+b1X1+b2X2+e serta diolah dengan program SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian meunjukkan bahwa variabel Persepsi (X1) dan Preferensi (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y). hal ini terlihat dari nilai Fhitung > Ftabel ,pada signifikasi α = 5%. Dimana besar pengaruh antara variabel Persepsi dan Preferensi terhadap Minat Beli yang ditunjukkan dengan nilai R square. Sedangkan secara parsial Persepsi memiliki pengaruh terhadap Minat Beli dengan nilai thitung > ttabel dan Preferensi berpengaruh terhadap Minat Beli thitung > ttabel. Persamaan struktural dari model yang dapat dibuat adalah Y = a + b1X1 + b2X2 + e Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Persepsi dan Preferensi terhadap Minat Beli susu kambing etawa milik Bapak Budi Utomo.