Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Lingkungan Belajar dan Teman Sebaya (Peer Group) terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa/i Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2017 dengan jumlah sampel 75 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified proposional random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dengan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 79,934 + 0,415 X1 + 0,382 X2, uji-t pada variabel (X1) diperoleh thitung > ttabel = (2,142 > 1,666) dan variabel (X2) diperoleh thitung > ttabel = (2,072 > 1,666), sedangkan uji-F memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (58,364 > 3,12). Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,739 yang berarti variabel Lingkungan Belajar dan Teman Sebaya (Peer Group) berpengaruh 74% terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi UNIMED. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Lingkungan Belajar dan Teman Sebaya (Peer Group) memiliki pengaruh terhadap Prestasi Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNIMED.