Implementasi Model Inquiry Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum K.Analitik Kualitatif
Main Author: | Nainggolan, Bajoka |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/41010/1/PEER%20REVIEW.pdf http://digilib.unimed.ac.id/41010/ http://semnaslit.unimed.ac.id/proceeding-semnaslit2017/semnaslit2017/Makalah%20Perorang/ANNA%20JUNIAR.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains mahasiswa pada praktikum Kimia Analitik Kualitatif. Metode penelitian eksperimen dengan desain “one group pretes-postes design”. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan yang melibatkan mahasiswa program studi Kimia, yang terdiri dari 35 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian, lembar kerja mahasiswa dan lembar observasi. Hasil penelitian dari uji rerata pada keterampilan proses sains mahasiswa menyatakan bahwa model inquiry terbimbing pada perkuliahan praktikum kimia analitik kualitatif dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains mahasiswa secara signifikan. Indikator tergolong kategori tinggi: merancang praktikum, menerapkan konsep, berhipotesis dan, mengkomunikasikan. Kategori sedang: keterampilan meramalkan, menafsirkan dan mengamati. Hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model inkuiri terbimbing pada praktikum kimia analitik kualitatif meningkat dari pretes 81,88 menjadi postes 85,49. Persentase nilai lembar kerja mahasiswa yang paling tinggi adalah pada keterampilan berkomunikasi yaitu 90%