LAPORAN TAHUN KE-1 PENELITIAN DASAR UNGGULAN PERGURUAN TINGGI : PENGARUH KUALITAS TOTAL PRIBADI DAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PELANGGAN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN

Main Author: Sitanggang, Nathanael
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/40981/1/text.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/40981/
ctrlnum 40981
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/40981/</relation><title>LAPORAN TAHUN KE-1 : PENELITIAN DASAR UNGGULAN PERGURUAN TINGGI : PENGARUH KUALITAS TOTAL PRIBADI DAN KUALITAS PELAYANAN&#xD; DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PELANGGAN&#xD; PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN</title><creator>Sitanggang, Nathanael</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB2300 Higher Education</subject><subject>LB2326.4 Institutions of higher education</subject><subject>LB2331.7 Teaching personnel</subject><subject>LB2361 Curriculum</subject><subject>LB2371 Graduate education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kualitas total pribadi mahasiswa,&#xD; kualitas pelayanan dosen, dan kepuasan mahasiswa pada perguruan tinggi di Medan.&#xD; Penelitian ini juga mempelajari pengaruh kualitas total pribadi, kualitas pelayanan&#xD; dosen terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan. Metode penelitian adalah&#xD; metode survey. Sampel berjumlah 380 orang ditentukan berdasarkan teknik purposive&#xD; random sampling dari Universitas Negeri Medan, Universitas Muhammadyah Sumatera&#xD; Utara, Universitas HKBP Nommensen, dan Universitas Islam Sumatera Utara.&#xD; Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Koefisien reliabilitas instrumen kualitas&#xD; total pribadi mahasiswa sebesar 0,82, instrument kualitas pelayanan dosen sebesar 0,84,&#xD; dan instrument kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan sebesar 0,86. Hipotesis&#xD; penelitian yang diuji adalah: 1) Kualitas total pribadi berpengaruh langsung terhadap&#xD; kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan; 2) Kualitas total pribadi berpengaruh langsung&#xD; terhadap kualitas pelayanan dosen; dan 3) Kualitas pelayanan dosen berpengaruh&#xD; langsung terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan. Teknik analisis yang&#xD; digunakan menguji hipotesis adalah teknik analisis jalur. Temuan penelitian adalah: 1)&#xD; kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan berada pada kategori cukup puas, 2) kualitas&#xD; total pribadi mahasiswa berada pada kategori sedang, 3) kualitas pelayanan dosen&#xD; berada pada kategori tinggi, 4) kualitas total pribadi mahasiswa berpengaruh langsung&#xD; terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 4,49%, 5) kualitas pelayanan dosen berpengaruh&#xD; langsung terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 23,14%, dan 6) kualitas total pribadi&#xD; mahasiswa berpengaruh langsung terhadap kualitas pelayanan dosen sebesar 12,81%.&#xD; Temuan ini sangat bermanfaat bagi para pihak perguruan tinggi dalam upaya&#xD; meningkatkan kepuasan mahasiswa.</description><publisher>Universitas Negeri Medan</publisher><date>2018-10-28</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/40981/1/text.pdf</identifier><identifier> Sitanggang, Nathanael (2018) LAPORAN TAHUN KE-1 : PENELITIAN DASAR UNGGULAN PERGURUAN TINGGI : PENGARUH KUALITAS TOTAL PRIBADI DAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PELANGGAN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN. Research Report. Universitas Negeri Medan, Medan. </identifier><recordID>40981</recordID></dc>
language ind
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sitanggang, Nathanael
title LAPORAN TAHUN KE-1 : PENELITIAN DASAR UNGGULAN PERGURUAN TINGGI : PENGARUH KUALITAS TOTAL PRIBADI DAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PELANGGAN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN
title_sub PENELITIAN DASAR UNGGULAN PERGURUAN TINGGI : PENGARUH KUALITAS TOTAL PRIBADI DAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PELANGGAN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN
publisher Universitas Negeri Medan
publishDate 2018
topic LB Theory and practice of education
LB2300 Higher Education
LB2326.4 Institutions of higher education
LB2331.7 Teaching personnel
LB2361 Curriculum
LB2371 Graduate education
url http://digilib.unimed.ac.id/40981/1/text.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/40981/
contents Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kualitas total pribadi mahasiswa, kualitas pelayanan dosen, dan kepuasan mahasiswa pada perguruan tinggi di Medan. Penelitian ini juga mempelajari pengaruh kualitas total pribadi, kualitas pelayanan dosen terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan. Metode penelitian adalah metode survey. Sampel berjumlah 380 orang ditentukan berdasarkan teknik purposive random sampling dari Universitas Negeri Medan, Universitas Muhammadyah Sumatera Utara, Universitas HKBP Nommensen, dan Universitas Islam Sumatera Utara. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Koefisien reliabilitas instrumen kualitas total pribadi mahasiswa sebesar 0,82, instrument kualitas pelayanan dosen sebesar 0,84, dan instrument kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan sebesar 0,86. Hipotesis penelitian yang diuji adalah: 1) Kualitas total pribadi berpengaruh langsung terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan; 2) Kualitas total pribadi berpengaruh langsung terhadap kualitas pelayanan dosen; dan 3) Kualitas pelayanan dosen berpengaruh langsung terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan. Teknik analisis yang digunakan menguji hipotesis adalah teknik analisis jalur. Temuan penelitian adalah: 1) kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan berada pada kategori cukup puas, 2) kualitas total pribadi mahasiswa berada pada kategori sedang, 3) kualitas pelayanan dosen berada pada kategori tinggi, 4) kualitas total pribadi mahasiswa berpengaruh langsung terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 4,49%, 5) kualitas pelayanan dosen berpengaruh langsung terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 23,14%, dan 6) kualitas total pribadi mahasiswa berpengaruh langsung terhadap kualitas pelayanan dosen sebesar 12,81%. Temuan ini sangat bermanfaat bagi para pihak perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan kepuasan mahasiswa.
id IOS3150.40981
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T13:58:11Z
last_indexed 2023-02-26T13:58:11Z
recordtype dc
_version_ 1766033591272210432
score 17.538404