PENGARUH SOFT SKILLS DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR EKONOMI MIKRO MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS ANGKATAN 2017 FAKULTAS EKONOMI UNIMED
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar pengantar ekonomi mikro mahasiswa program studi pendidikan bisnis angkatan 2017 fakultas ekonomi UNIMED. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh soft skills dan kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar Ekonomi Mikro yang diperoleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis angkatan 2017, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang berjumlah 90 mahasiswa dan sampel sebanyak 73 mahasiswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket dan tes. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Analisis regresi linear berganda menunjukan Y= 34,158 + 0,456 + 0,225 +e. Hasil uji t (parsial) menunjukan soft skills berpengaruh posiif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Kecerdasan logis matematis berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Secara simultan, Soft skills dan kecerdasan logis matematis secara bersama-bersama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi mikro. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 71,8% dan sisanya 28,2% disebabkan oleh variabelvariabel lain diluar model ini.