Daftar Isi:
  • Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah ada hubungan pemanfaatan perpustakaan dan minat baca mahasiswa terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi sebanyak 96 orang mahasiswa Pendidikan Bisnis stambuk 2016, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket (kuesioner) yang pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistic dengan menggunakan uji Koefisien Korelasi untuk menguji hipotesis satu dan dua dan dengan uji Analisis Regresi Linier dengan persamaan struktural Y = α + b1 X1 + b2 X2 serta diolah dengan program SPSS 23.00 for Windows, Dari hasil analisis data maka diperoleh persamaan analisis regresi berganda Y = 79,295 + 0,088 X1 + 0,084 X2. Kontribusi Variabel bebas terhadap variabel terikat diketahui dengan koefisien determinasi R Square dengan hasil sebesar 25,2% dan sisanya 74,8% dijelaskan oleh variabel lain. Terdapat hubungan yang Positif dan Signifikan antara Pemanfaatan Perpustakaan dan Minat dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bisnis. Hal ini terlihat dari Fhitung > Ftabel 15,924 > 3,11 pada α = 5%. Secara parsial ada hubungan korelasi signifikan Pemanfaatan Perpustakaan dengan r hitung > r tabel (0,400>0,200) dan nilai t hitung > t tabel 2,257 > 1,662 dan ada hubungan korelasi signifikan Minat Baca r hitung > r tabel (0,269 > 0,200) dan nilai t hitung > t tabel 2,791 > 1,662. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat ditarik kesimpulan terdapat hubungan korelasi yang signifikan antara Pemanfaatan Perpustakaan dan Minat baca dengan Prestasi Belajar Mahasiswa.