PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA PON-PES AL-HUSNA
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam peneltian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan media pembelajaran audio visual berbasis prezi pada siswa kelas XI IPS SMA Swasta Pon-Pes Al-Husna. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Pon-Pes Al-Husna. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Pon-Pes Al- Husna T.P 2019/2020 yang berjumlah 60 siswa. Kemudian subjek uji coba dibagi atas subjek uji terbatas dan subjek uji coba luas. Penentuan besarnya jumlah subjek uji coba terbatas ditentukan secara acak dengan mengguakan 10 orang siswa dan subjek uji coba luas diambil secara keseluruhan sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli, angket respon siswa serta tes hasil belajar. Angket validasi ahli terdiri dari validasi ahli materi, media dan desain media pembelajaran. Tes hasil belajar berupa 15 soal berupa pilihan ganda. Sebelum tes ini diberikan pada subjek uji coba terlebih dahulu tes ini diuji cobakan untu k melihat tingkat validitas, realibilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yaitu menentukan rata-rata hitung serta score N-Gain. Dari hasil analisa data hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh rerata sebesar 86,97 yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan penialian oleh ahli media diperoleh hasil rerata sebesa 90,43 yang termasuk dalam kategori sangat baik dan penialaian dari ahli desain pembelajaran diperoleh hasil rerata sebesar 93,58 yang juga termasuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya hasil angket tanggapan siswa terhadap media pembelajaran diperoleh hasil rerata skor sebesar 94,28% (sangat baik) dari 10 orang siswa pada uji coba terbatas dan 93,80% (sangat baik) dari 30 orang siswa pada uji coba luas, Kefektifan media pembelajaran melewati skor kriteria efektif yakni 3.09, kemudian skor N-Gain untuk uji coba terbatas dan uji coba luas sebesar 0,75 dan 0,73 dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan media pembelajaran prezi lebih tinggi secara signifikan.