PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 2 MODEL MEDAN T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bimbingan Belajar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Bimbingan Belajar dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi Di MAN 2 Model Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Model Medan yang beralamat di Jalan Williem Iskandar No. 7A, Bantan Tim., Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatra Utara. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Ranom Sampling atau acak populasi penelitian yaitu sebanyak 212 orang siswa. Instrument pengumpulan kuisioner. Uji instrument ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket atau yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Sofweare SPSS Versi20. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu: uji t dan uji F yang menggunakan Softwer SPSS versi 20 Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y = 41,952 + 0,440 X1+ 0,012 X2. Sedemikian hasil uji t menunjukkan bahawa secara parsial Bimbingan Belajar dengan thitung > ttabel (3,098<1,986) pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05, Dukungan Orang Tua memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan thitung > ttabel (0,890 < 1,986) pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa Bimbingan Belajar dan Dukungan Orang Tua memiliki pangaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar dengan nilai Fhitung < Ftabel (11,377 > 3,098) dan nilai signifikan α (0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Dukungan Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa baik secara parsial dan simultan.