PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 1 BARUS TAHUN AJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa dan kondisi lingkungan sekolah siswa yang kurang mendukung prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Barus T.A.2019/2020. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa dan kondisi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Barus T.A. 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 barus T.A. 2019/2020 yang berjumlah 105 siswa kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling sebanyak 83 siswa. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2), uji “t” secara parsial dan uji “F” secara simultan. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS versi 20 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y= 19,809 + 0,516 X1 + 0,331 X2 Selanjutnya variabel motivasi belajar (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung>ttabel (780>1,998) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Kemudian variabel lingkungan sekolah (X2) memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung >ttabel (3,065>1,989 ) serta nilai Sig 0,000 lebih kecil dari nilai α (0,0003 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar dan Lingkungan sekolah siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Barus T.A. 2019/2020.