PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) pengaruh kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitiaan ini sebanyak 84 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, guna untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung > ttabel = (3,090 > 1,663), (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai nilai thitung > ttabel (4,491 > 1,663), (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung > Ftabel (28,848 > 3,11) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil regresi linear berganda Y = 8,561 + 0,341X1 + 0,430X2 + e. Hasil uji R2, sebesar 0,559 atau 55,9%, sedangkan sisanya sebesar 44,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model yang diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signidikan antara kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.