ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X IPA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP SAMPAH DI SMA NEGERI SE-KOTA KISARAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains (KPS) dan sikap ilmiah (SI) siswa kelas X IPA SMA Negeri Se-Kota Kisaran. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa dan sikap ilmiah berdasarkan jenis kelamin siswa kelas X IPA SMA Negeri Se-Kota Kisaran. Sampel yang digunakan terdiri dari 144 orang siswa dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes keterampialn proses sains, dan angket sikap ilmiah. Analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung persentase keterampilan proses sains, dan skala Likert untuk sikap ilmiah. Untuk membandingkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah berdasarakan jenis kelamin digunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains s i s w a k e las X IPA SMA Negeri Se-Kota Kisaran r a t a - r a t a sebesar 78,49 termasuk dalam kategori baik dan sikap ilmiah yaitu 68,14 termasuk dalam kategori sedang. KPS jenis kelamin perempuan sebesar 79,02 signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan KPS jenis kelamin laki-laki sebesar 77,51 dan SI jenis kelamin perempuan sebesar 69,21 signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan SI jenis kelamin laki-laki sebesar 66,28.