ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI DI SMA NEGERI 4 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif, perbedaan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan kemampuan berpikir tingkat rendah, dan sikap ilmiah siswa serta melihat hubungan kemampuan kognitif terhadap sikap ilmiah siswa pada materi pelajaran sistem repirasi di kelas XI MIA Negeri 4 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif yang menggunakan sampel 210 siswa dipilih dengan teknik analisis data menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan tes kognitif, dan angket untuk sikap ilmiah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 4 Medan yaitu 77,6 (baik), dan nilai sikap ilmiah siwa yaitu 78,2 (baik). Berdasarkan kemampuan berpikir siswa terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan kemampuan berpikir tingkat rendah. Untuk mengetahui hubungan kognitif siswa terhadap sikap ilmiah dilakukan uji korelasi. Adapun nilai koefisien determinan (rhitung) hubungan kemampuan kognitif terhadap sikap ilmiah yaitu (r=0,024). Uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang lemah antara kemampuan kognitif terhadap sikap ilmiah serta korelasinya bersifat positif atau korelasi yang berjalan searah. Korelasi ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif mempengaruhi sikap ilmiah sebesar 2,4% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain