Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Binjai T.A 2019/2020 yang berjumlah 160 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pretest, postest, dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analysis of varians. Hasil analisis data dengan analysis of varians dua jalur dari Kemampuan Prosses Sains menunjukkan nilai Fhitung sebesar 149.39 sedangkan nilai Ftabel =2.49 (untuk taraf 0.05) dan 3.58 (untuk taraf 0.01) sehingga Fhitung (149.39) > Ftabel (2.49) pada taraf signifikansi 0,05. Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan model Inquiry Terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang dengan menggunakan model Konvensional teruji kebenarannya. nilai Fhitung sebesar 149.39 sedangkan nilai Ftabel =2.49 (untuk taraf 0.05) dan 3.58 (untuk taraf 0.01) sehingga Fhitung (149.39) > Ftabel (2.49) pada taraf signifikansi 0,05. Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan model Inquiry Terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang dengan menggunakan model Konvensional teruji kebenarannya. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Eksperimen) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai tahun ajaran 2019/2020.