PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 GAROGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Garoga tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode expos facto dimana metode ini digunakan untuk meneliti hubungan antara sebab dan akibat dan berdasarkan kajian teori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Garoga Tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa yaitu dari kelas XI IPS-1 berjumlah 17 orang, dari kelas XI IPS-2 berjumlah 19 orang dan dari XI IPS-3 berjumlah 19 orang. Instrument atau pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket sebanyak 50 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikoloniearitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari X1 ke Y yang ditunjukkan dengan nilai thitung = 3.276, sedangkan untuk ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai ttabel 2,02 (table t statistic). Dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel, yaitu t-hitung X1 3.276 > t-tabel = 2.02 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari X2 ke Y yaitu nilai thitung = 6.725, sedangkan untuk ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai ttabel 2,02 (table t statistic). (3) Dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel, yaitu t-hitung X1 6.725 > t-tabel = 2.02 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Fhitung (46.629) > Ftabel (2.78) dan sig-p (0,000) < 0,05.