Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antara masing masing variabel bebas (6 Tugas KKNI) dan (Learning Agility) terhadap variabel terikat (Capaian Pembelajaran) dan mengetahui untuk seberapa besar pengaruh 6 Tugas KKNI dan Learning Agility terhadap Pencapaian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi berjumlah sebanyak 123 mahasiswa dan sampel yang diambil sebanyak 102 mahasiswa dengan menggunakan rumus Isacc dan Michael. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data yaitu menggunakan angket sebanyak 20 soal untuk 6 tugas KKNI dan 19 soal untuk learning agility. Uji instrumen penelitian menggunakan SPSS 21. Teknik analisis data penelitian yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji linear berganda, , uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel 6 tugas KKNI (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap capaian pembelajaran mahasiswa dengan thitung sebesar 5,948 > ttabel 1,660 dan taraf signifikan α sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian untuk variabel learning agility juga menunjukkan bahwa secara parsial learning agility (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap capaian pembelajaran mahasiswa degan thitung sebesar 6,225 > ttabel 1,660 dan taraf signifikan α sebesar 0,000 < 0,05. Dan secara simultan atau secara bersama-sama variabel 6 tugas KKNI dan learning agility berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap capaian pembelajaran dengan nilai Fhitung yang diperoleh sebesar 112,423 > Ftabel 3,09 dengan taraf signifikan α sebesar 0,000 < 0,05. Variabel bebas X1 dan X2 juga memiliki kontribusi sebesar 68,8% terhadap variabel terikat capaian pembelajaran dengan dilakukannya uji koefisien determinasi.