Perbedaan Hasil Menggambar Bentuk dengan Media Konvensional dan Pembelajaran Video Tutorial Karya Siswa SMA Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil menggambar bentuk siswa dengan menggunakan media pembelajaran Konvensional dan media pembelajaran Video Tutorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutalimbaru berjumlah 261 karya. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas X MIA-1 sebanyak 36 siswa. Pada Kelas X MIA-1 ini diberi dua tahap tindakan yaitu pengambilan sampel awal dengan proses belajarmengajar menggunakan media pembelajaran konvensional. Kemudian setelah itu dilakukan pengambilan sampel yang kedua dengan proses belajar mengajar menggunakan media video tutorial. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode dokumentasi, observasi dan tes. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasi- Eksperimen Design). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai tes pertama sebesar 71,43 dan nilai tes kedua 82,74. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai kedua lebih baik dari pada nilai pertama. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi α = 0,5 dengan dk 70 didapat ttabel = 1,6669. Jadi hasil uji hipotesis diperoleh thitung 5,52 > ttabel 1,66669. Jadi Ha diterima sekaligus ditolak H0 kemudian kesimpulannya adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil karya menggambar bentuk dengan media pembelajaran Video Tutorial siswa SMA Negeri 1 Kutalimbaru.