Korelasi Antara Kemampuan Menggambar Sketsa Dan Menggambar Perspektif Dengan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Medan T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Didasarkan pada pengamatan yang telah diseleksi dan dilakukan terhadap karya-karya gambar bentuk siswa, masih banyak ditemukan kelemahan-kelemahan yang sifatnya sangat mendasar bagi keutuhan sebuah karya gambar bentuk. Hal demikian terjadi diduga karena kurangnya kemampuan siswa dalam menggambar sketsa dan menggambar prespektif. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara kemampuan menggambar sketsa dan menggambar perspektif dengan hasil menggambar bentuk. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Medan yang mengikuti pelajaran menggambar bentuk dengan jumlah 139 siswa dan sampel yaitu kelas XI Mipa 11 yang berjumlah 26 orang dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini menggunakan penelitian correlational research. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi kemampuan menggambar sketsa dan menggambar perspektif dengan hasil belajar menggambar bentuk, yang dibuktikan dengan Fhitung = 23,63 untuk dk = n-k-1 = 23 ɑ = 0,05 Ftabel = 3,42 ternyata Fhitung > Ftabel (23,63 > 3,42). Besar hubungan antara kemampuan menggambar sketsa dan menggambar perspektif dengan hasil belajar menggambar bentuk berkorelasi yaitu 0,73, dan besar sumbangan (kontribusi) yaitu sebesar 53%.