ANALISIS SARANA DAN INTENSITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM BIOLOGI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA 4 SEKOLAH NEGERI DI KOTA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelengkapan sarana dan intensitas penggunaan laboratorium biologi serta hubungannya dengan keterampilan proses sains siswa pada 4 sekolah Negeri di Kota Medan. Jenis penelitian ini berupa deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dimbil pada 4 sekolah secara Cluster Sampling, berdasarkan kriteria SMA Negeri di Kota Medan, yaitu MAN 1, MAN 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Medan serta guru biologi dan siswa kelas XI. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi untuk mengetahui kelengkapan sarana, data intensitas penggunaan laboratorium diperoleh dari metode wawancara tentang pelaksanaan praktikum biologi, dan menggunakan soal tes untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. Analisis data menggunakan korelasi Spearman. Hasil dalam penelitian ini adalah kelengkapan sarana laboratorium biologi berada pada kategori baik (77,34), intensitas penggunaan laboratorium berada pada kategori tinggi (82,14), dan keterampilan proses sains berada pada kategori baik (74,74), serta terdapat hubungan antara kelengkapan sarana laboratorium biologi dengan keterampilan proses sains dan juga terdapat hubungan antara intensitas penggunaan laboratorium biologi dengan keterampilan proses sains dengan kategori kuat