Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa dengan mengontrol kecerdasan intelektual pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Medan pada semester pertama tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Sampel penelitian ini 64 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian (ANKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW (think talk write) lebih tinggi daripada kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori setelah mengontrol kecerdasan intelektual; (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa setelah mengontrol kecerdasan intelektual; (3) kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori lebih tinggi daripada kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW pada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi setelah mengontrol kecerdasan intelektual; dan (4) kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW lebih tinggi daripada kemampuan menulis teks eksposisi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori pada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah setelah mengontrol kecerdasan intelektual.