Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX MTs Negeri 2 Asahan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; 2) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa kelas IX MTs Negeri 2 Asahan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; 3) Pengembangan Perangkat pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan penalaran matematis siswa MTs Negeri 2 Asahan; 4) Pengembangan Perangkat pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan Literasi matematis siswa MTs Negeri 2 Asahan; 5) Perbedaan kemampuan penalaran matematik siswa antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran biasa di MTs Negeri 2 Asahan dan 6) Perbedaan kemampuan literasi matematik siswa antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran biasa di MTs Negeri 2 Asahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika yang dikembangkan di kelas IX-D dan IX-E MTs Negeri 2 Asahan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Pada uji coba I dan II terjadi peningkatan nilai rata –rata kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 14,64; 2) Pada uji coba I dan II terjadi peningkatan nilai rata –rata kemampuan literasi matematis siswa sebesar 7,29; 3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis sudah efektif untuk digunakan; 4) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis sudah efektif untuk digunakan; 5) Kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari pada kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pembelajaran biasa dan 6) kemampuan literasi matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari pada kemampuan literasi matematis siswa yang diberi pembelajaran biasa.