Daftar Isi:
  • kelas XI SMA Negeri 7 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri Tanjung Balai Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 7 Tanjung Balai yang berjumlah 95 orang dan sampel sebanyak 95 orang yang diambil secara keseluruhan Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Product Moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus Crombach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 15,105 + 0,565X1 + 0,246X2. Berdasarkan hipotesis parsial, hasil kreativitas mengajar guru (XI) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 6,180>1,661 dengan nilai sig <α yaitu 0,000<0,05. Kasus yang berkepentingan dengan minat belajar (X2), yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan jumlah 2,557>1,661 dan nilai sig <α 0,012<0,05. Berdasarkan uji determinasi yang diperoleh kreativitas mengajar guru dan minat belajar sebesar 58,5% mempengaruhi prestasi belajar dan sisanya sebesar 41,5% ddipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.