Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan pengunaan model pembelajaran blended learning bahasa Inggris yang dikembangkan dalam pembelajaran dan (2) keefektifannya dalam meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi prosedur pengembangan Borg dan Gall (2005), Dick dan Carey (2005) dan Bielawski (2003) yang dikombinasikan dalam satu rangkaian melalui 5 tahapan yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) pembuatan desain, (3) pengumpulan bahan, (4) pembuatan produk serta (5) kegiatan review dan uji coba. Penentuan kelayakan produk yang dikembangkan dilakukan berdasarkan hasil validasi tim ahli dan uji coba produk pada lapangan pengguna. Peenentuan keefektifan produk dilakukan dengan membandingkan hasil test belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan dan tanpa model pembelajaran blended learning yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan (1) hasil uji validasi produk oleh tim ahli dinyatakan bahwa model pembelajaran blended learning yang dikembangkan sangat layak dengan skor nilai rata-rata 92% demikian berdasarkan hasil uji coba produk dinyatakan sanagt layak skor nilai rata-rata 91%. (2) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil thitung > ttabel (3,78 > 1.69), dan disimpulkan bahwa model pembelajaran blended learning yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris