Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk aplikasi supervisi berbasis teknologi dan informasi yang dapat mengefektifkan tugas supervisi kepala sekolah sekaligus dapat meningkatkan kinerja guru penjas. Penelitian ini melibatkan 40 orang subjek yaitu 20 orang subjek kepala sekolah dan 20 orang guru pejas. Penelitian dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama ujicoba skala kecil terdiri dari 5 orang kepala sekolah dan 5 orang guru penjas. Tahap kedua uji coba skala besar terdiri dari 15 orang kepala sekolah dan 15 orang guru penjas. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan melibatkan ahli supervisi, ahli teknologi informasi, dan ahli desain aplikasi. Berdasarkan hasil uji coba ahli supervisi didapat penilaian aplikasi sebesar 82,5% dengan kategori sangat layak. Ahli teknologi dan informasi memberikan penilaian untuk kelayakan sebesar 84,16% dengan kategori sangat layak. Ahli desain aplikasi memberikan penilaian kelayakan untuk produk aplikasi sebesar 86,66% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan untuk subjek uji coba kepala sekolah mendapatkan penilaian sebesar 92,3% dengan kategori sangat layak. Subjek uji coba guru penjas mendapatkan penilaian sebesar 88,5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data diatas maka produk aplikasi supervisi berbasis teknologi dan informasi layak digunakan untuk mengefektifkan tugas supervisi kepala sekolah sekaligus meningkatkan kinerja guru penjas