KEMAMPUAN LITERASI SISWA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI 1 DAN SMP NEGERI 6 BANDUNG BERBASIS LEMBARAN KERJA PESERTA DIDIK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuanliterasi membaca peserta didik menggunakan LKPD; untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui LKPD pada mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah; untuk mengetahui minat literasi membacapeserta didik tingkat SMP Negeri 1 Bandung dan SMP Negeri 6 Bandung.Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan rancangan konvergen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa di SMP Negeri 1 Bandung dan SMP Negeri 6 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester Ganjil di SMP Negeri 1 Bandung dan SMP Negeri 6 Bandung. Objek atau fenomena yang di analisis tingkat literasi peserta didik pada mata pelajaran pendidikan jasmani.Instrumen yang digunakan untuk menganalisis hubungan belajar pendidikan jasmani peserta didik dengan literasi membaca melalui LKPD. LKPDmerupakansalah satu sarana untuk membantu dan mempermudah kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dengan pendidik, sehingga dapat meningkatkan aktifitas peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar. Deskripsi data yang disajikan dalam penelitian ini berasal dari data yang terkumpul selama penelitian yaitu kemampuan literasi membaca peserta didik menggunakan LKPD pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Pembuatan instrument latihan soal LKPD penelitian ini, mengacu pada pembuatan soal lembaga survey literasi Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS). Data penelitian berupa nilai rata – rata LKPD dari Latihan Soal I, II dan III di SMP Negeri 1 Bandung sebesar 86 dan SMP Negeri 6 Bandung sebesar 88. literasi membaca peserta didik melalui LKPD di SMP N 1 Bandung dan SMP N 6 Bandung termasuk kategori baik walaupun belum mencapai kategori sangat baik atau memuaskan; Hasil belajar peserta didik melalui LKPD pada mata pelajaran pendidikan jasmani di SMP N 1 Bandung dan SMP N 6 Bandung pada setiap pertemuannya mengalami peningkatan sehingga termasuk dalam kategori baik; Hasil peningkatan minat literasi membaca dalam menerima dan pemahaman peserta didik di SMP N 1 Bandung dan SMP N 6 Bandung berdasarkan angket termasuk dalam kategori baik.