PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (THINK PAIR SHARE) BERBASIS BUDAYA MINANGKABAU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 PANTI
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berorientasi budaya Minangkabau terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa (2) pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berorientasi budaya Minangkabau terhadap Self Efficacy siswa. (3) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. (4) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap Self Efficacy matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 PANTI dan sampel dalampenelitian ini yang terpilih adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Instrument yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan pemecahan masalah dan (2) Angket Self Efficacy. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model kooperatif tipe think pair share berorientasi budaya Minangkabau terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 PANTI. (2) Terdapat pengaruh model kooperatif tipe think pair share berorientasi budaya Minangkabau terhadap Self Efficacy matematis siswa SMP Ali Imron Medan. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal matematika siswa dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa siswa SMP Negeri 1 PANTI. (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal matematika siswa dalam mempengaruhi Self Efficacy matematis siswa SMP Negeri 1 PANTI.