PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 TORGAMBA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) yang berkualitas baik yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan literasi matematis siswa pada materi Relasi dan Fungsi kelas VIII SMP. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian pengembangan. Proses pengembangan perangkat pembelajaran ini mengikuti tahap pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Devlopment, Implementation, Evaluation). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dengan PMR yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Buku Guru (BG), Buku Siswa (BS), Tes Kemampuan Komunikasi dan Tes Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Dari hasil analisis uji coba I dan uji coba II yang dilakukan oleh peneliti diperoleh: 1) Perangkat pembelajaran berbasis PMR pada materi Relasi dan Fungsi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan efektif ditinjau dari indikator masing-masing, kemudian tes kemampuan komunikasi dan tes kemampuan literasi matematis siswa menunjukkan valid dan reliabel; 2) Pembelajaran dengan pendekatan PMR efektif untuk mengajarkan materi Relasi dan Fungsi. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian tujuan pembelajaran minimal tercapai, siswa aktif dalam pembelajaran, respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan ketuntasan klasikal tercapai; 3) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan pada uji coba I dan uji coba II sebesar 6,74; 4) terdapat peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan pada uji coba I dan uji coba II sebesar 5,68; 5) Kemampuan komunikasi dan kemampuan literasi matematis siswa meningkat berdasarkan analisis statistik inferensial sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan matematis siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis pendekatan PMR dibandingkan kemampuan matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Biasa pada materi Relasi dan Fungsi kelas VIII di SMP Negeri 5 Torgamba.