PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI LARUTAN PEYANGGA DI SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia yang bersumber dari pustekkom dan multimedia interaktif berbasis android yang telah dikembangkan pada materi larutan penyangga; mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari multimedia pembelajaran yang digunakan; mengetahui perbedaan tingkat motivasi belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar; dan mengetahui interaksi antara multimedia dengan tingkat motivasi belajar ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MAN 2 Model Medan T.A 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA 10 dan kelas XI MIA 11 masing-masing terdiri dari 25 siswa. Instrumen penelitian berupa angket berdasarkan BSNP, tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, serta lembar angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan Two Way Anova dengan uji General Linear Model pada aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: multimedia pembelajaran bersumber dari pustekkom pada materi larutan penyangga layak untuk digunakan tetapi masih terdapat kelemahan pada multimedia sehingga perlu dilakukan revisi dan pengembangan; multimedia interaktif berbasis android pada materi larutan penyangga yang telah dikembangkan memperoleh hasil validasi dengan nilai rata-rata 3,74 tergolong dalam kategori layak; ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan multimedia interaktif berbasis android sebesar 0,83 dan multimedia bersumber dari pustekkom sebesar 0,73 pada materi larutan penyangga; ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi sebesar 0,816 dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah sebesar 0,727; dan Ada interaksi multimedia pembelajaran dengan tingkat motivasi ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa.