Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration, & communication (4C) siswa akibat pengaruh penerapan model project based learning (PjBL) dan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan masing-masing keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration, & communication (4C). Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas XI MIA SMA Negeri 12 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration, & communication (4C) siswa akibat pengaruh penerapan model project based learning (PjBL) dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas XI MIA Semester I SMA Negeri 12 Medan T.P. 2019/2020. Peningkatan pada keterampilan critical thinking siswa adalah 71% (tinggi), dan peningkatan indikator tertinggi dan terendah adalah mengatur strategi dan taktik 86% (tinggi) dan membuat inferensi 61% (sedang). Peningkatan keterampilan creative thinking siswa sebesar 72% (tinggi), dan peningkatan indikator tertinggi dan terendah adalah flexibility 93% (tinggi) dan elaboration 65% (sedang). Peningkatan keterampilan collaboration siswa sebesar 61% (sedang), dan peningkatan indikator tertinggi dan terendah adalah adalah menghormati orang lain 76% (tinggi) dan mengatur pekerjaan 47% (sedang). Peningkatan terakhir adalah keterampilan communication siswa yaitu 51% (sedang), dan peningkatan indikator tertinggi dan terendah adalah menulis secara saintifik 73% (tinggi) dan membaca secara saintifik 25% (rendah).