PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya kompetensi guru dan minat belajar siswa sehingga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar ekonomi siswa” kelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi guru dan minat belajar terhadaap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Medan dengan populasi sebanyak 90 orang siswa dan sampel berjumlah 90 orang siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket kompetensi guru dan minat belajar pada mata pelajaran ekonomi dalam bentuk skala likert sebanyak masing masing 25 item pertanyaan. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa kompetensi guru dan minat belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi. Hal ini dilihat dari hasil analisis linear berganda diperoleh persamaan Y = 42,118 + 0,121X1 + 0,335 X2 + e. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 2,180 > 1,987 dengan nilai signifikan 0,032 < 0,05. Begitu juga nilai signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi dimana nilai thitung > ttabel dimana 6,207 > 1,987 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan (uji f) ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel dimana 49,313 > 3,100 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi guru dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan T.A 2019/2020, dapat diterima.