Efektivitas Model Advance Organizer (Penguatan Awal) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model advance organizer dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan sebanyak 320 orang. Sampel diambil secara acak 64 orang, 32 orang untuk kelas kontrol dan 32 orang untuk kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eskperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes essay. Hasil penelitian 1) Nilai rata- rata kelas kontrol adalah 62,96 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 masih tergolong cukup. 2) Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74,53 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 masih tergolong baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan siswa menulis teks deskripsi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. 3) Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ. Uji hipotesis ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan perbandingan keefektifan kedua model. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh to > ttabel yakni 4,64 > 2,03. Selanjutnya thitung diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan t taraf signifikan 5% dengan df = N-1= 32-1 diperoleh ttabel = 4,64. Karena t0 diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,64 > 2,03, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model advance organizer efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa.