Pengaruh Metode Pembelajaran Card SortTerhadap Kemampuan Menelaah Struktur Dan Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs Swasta Al-Abror Muarasoma Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran card sort terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita siswa kelas VIII MTs Swasta Al-Abror Muarasoma tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini berjumlah 207 siswa. Dari jumlah populasi ditetapkan 30 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pretest post test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji“t”. Dari perolehan data menunjukkan kemampuan siswa dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita sebelum menggunakan metode pembelajaran card sort termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata(mean) yang diperoleh siswa adaah 60,83, sedangkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita sesudah menggunakan metode pembelajaran card sort termasuk kategori baik dengan niai rata-rata(mean)81,66.Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan thitung 14,56>ttabel2,04,pada taraf signifikanα=0,05.Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima,hal ini berarti ada pengaruh metode pembelajaran card sort terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita siswa kelas VIII MTs Swasta Al- Abror Muarasoma tahun pembelajaran 2019/2020.Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajara nmenelaah struktur dan kebahasaan teks berita sesudah menggunakan metode pembelajaran card sort lebih baik dari pada hasil pembelajaran sebelum menggunakan metode pembelajaran card sort, berpengaruh positif terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita