Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur- unsur teks berita di kelas VIII SMPN 41 Medan yang berjumlah 31 orang. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan model desain penelitian one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan dalam bentuk esai. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test 60,16, simpangan baku sebesar 11,72, dan termasuk dalam sangat baik tidak ada atau 0%, kategori baik sebanyak 8 siswa atau 25,80%, kategori cukup sebanyak 16 siswa atau 51,61%, kategori kurang sebanyak 7 siswa atau 22,58%, dan kategori sangat tidak ada siswa atau 0%.Sedangkan nilai rata-rata post-test 90,32, simpangan baku sebesar 8,65, dan kategori sangat baik sebanyak 27 orang (87,09%), kategori baik sebanyak 3 orang (9,67%), dan kategori cukup sebanyak 1 orang (3,22%). Setelah to diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df= N-1= 31-1 =30 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 1,69. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui to > ttabel, yakni 5,70>1,69. Dengan demikian Ho (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan adanya Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur- unsur Teks Berita di Kelas VIII SMPN 41 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.