Pengaruh Teknik Asosiogram Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Asosiogram terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri atas 7 kelas yang berjumlah 224 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas VIII-6 sebanyak 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan ujii âtâ. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi sebelum menggunakan teknik Asosiogram mendapat nilai rata-rata (mean) sebesar 59,38 sedangkan nilai rata-rata (mean) kemampuan siswa menulis puisi setelah menggunakan teknik Asosiogram sebesar 80,63. Karena t0 diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8,5 > 2,04 maka Ha diterima, hal ini berarti ada pengaruh teknik Asosiogram terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Hal ini membuktikan bahwa hasil pembelajaran menulis puisi sesudah menggunakan teknik Asosiogram lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum mengggunakan teknik Asosiogram, proses pembelajaran sesudah menggunakan teknik Asosiogram berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi.