Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model integratif dengan menggunakan video animasi terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Patumbak tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-6 yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII-7 berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah two group post-test design. Berdasarkan pengolahan data, diproleh hasil belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 81,83 sedangkan hasil belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi di kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 65,51. Dari uji data yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kontrol, diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Dari data pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (-0,1064<0,161), dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel (-0,1877<0,161). Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu Fhitung <Ftabel (-0,1064<0,161). Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diproleh t0 sebesar 6,62. Selanjutnya to dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df= 30,maka diperoleh 2,042. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,62 >2,042, maka Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa model integratif efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Patumbak tahun pembelajaran 2019/2020.