Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Scientific di kelas XI Akuntansi SMK Swasta Teladan Sumatera Utara Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakandi SMK Swasta Teladan Sumatera Utara yang beralamat di Jalan Pendidikan No. 62 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak yang berjumlah 22 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learningdengan pendekatan Scientific untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data terdiri dari analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 68,18% siswa yang memenuhi KKM yakni ≥75. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II yaitu 90,9% siswa yang memenuhi KKM yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti pada siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh hasil 22,72% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 86,36% siswa masuk dalam kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learningdengan pendekatan Scientfic pada materi laporan keuangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Teladan Sumatera Utara Tahun 2019/2020.