Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Media Pembelajaran Teka- Teki Silang (TTS) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu menggunakan media pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) kemudian mengetahui efektivitasnya dari instrumen yang telah dibagikan kepada siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Medan yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 271 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 orang yaitu kelas VII- 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design post-test only. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah teka-teki silang pada kelas eksperimen dan soal pilihan ganda pada kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa media pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) lebih efektif terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Medan. Dalam hal ini diperoleh nilai dengan rata-rata di kelas eksperimen adalah 82,16 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 69,5. Berdasarkan uji normalitas, hasil kelas kontrol berdistribusi normal, yaitu Lhitung < Ltabel (0,114 < 0,161), dan kelas eksperimen juga berdistribusi normal, yaitu Lhitung < Ltabel (0,126 < 0,161). Kemudian berdasarkan uji homogenitas terbukti bahwa sampel dalam penelitian ini berasal dari populasi yang homogen dengan Fhitung < Ftabel yaitu 1,280 < 4,196. Selanjutnya dilihat dari pengujian hipotesis bahwa hipotesis penelitian ini diterima dengan thitung > ttabel yaitu 5,01 > 2,04 yang membuktikan bahwa media pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) efektif terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.