PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL), LINGKUNGAN KELUARGA DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI DAN XII AKUNTANSI SMK PAB 2 HELVETIA
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kesiapan kerja siswa kelas XI dan XII Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia yang didapat dari observasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) (X1), Lingkungan Keluarga (X2), dan Self-Efficacy (X3) terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI dan XII Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia T/P 2019/2020 yang berjumlah 104 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh memperoleh data-data diantaranya daftar nama dan jumlah siswa kelas XI dan XII Akuntansi, serta data penyelusuran alumni Akuntansi angkatan 2018 dan 2019 SMK PAB 2 Helvetia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 12.378 + 0,218X1 + 0,336X2 + 0,272X3. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial menunjukkan, ada pengaruh signifikan PKL (X1) terhadap kesiapan kerja (11,15%). Secara parsial menunjukkan, ada pengaruh signifikan lingkungan keluarga (X2) terhadap kesiapan (16,81%). Secara parsial menunjukkan, ada pengaruh signifikan self-efficacy (X3) terhadap kesiapan kerja (4,84%). Secara simultan, ada pengaruh signifikan PKL (X1), lingkungan keluarga (X2), dan self efficacy (X3) terhadap kesiapan kerja (39,6%) dan sisanya sebesar 60,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.