Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara Kemampuan Psikomotorik dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Swasta PAB 12 Saentis Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 12 Saentis yang beralamat di Jalan Kali Serayu, Sampali Percut Sei Tuan, Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 46 orang dan melalui teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan angket. Untuk uji instrumen penelitian, peneliti menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sebelum dianalisis, data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis regresi berganda, untuk uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F serta koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda menunjukkan persamaan Y = 416,537 + 0,332X1 + 0,533X2. Hasil uji t untuk Kemampuan Psikomotorik menunjukkan bahwa thitung> ttabel (3,078> 1.681) dengan taraf signifikansi alpha 0,05 (95%). Dengan demikian maka hipotesis pertama diterima, yaitu bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Kemampua Psikomotorik (X1) terhadap Indeks Prestasi (Y). Untuk variabel Kreativitas Siswa, diperoleh thitung> ttabel (5,579 > 1,681) dengan taraf signifikansi alpha 0,05 (95%). Dengan demikian hipotesis kedua diterima, yaitu bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Kreativitas Siswa (X2) terhadap Indeks Prestasi (Y). Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung> Ftabel (84,356>3,21) dengan nilai sig.α sebesar 0,000 < 0,05. Maka hipotesis ketiga diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara dari Kemampuan Psikomotorik (X1) dan Kreativitas Siswa (X2) terhadap Indeks Prestasi (Y). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,797 atau 79,7%. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 79,7%. Sedangkan sisanya 21,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar analisa penelitian ini.