PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII MTS AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) di kelas VIII MTs Al-jam’iyatul Washliyah Tembung T.A 2019/2020, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII MTs Al-jam’iyatul Washliyah Tembung T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah Siswa/siswi kelas VIII MTs Al-Jamiyatul Washliyah Tembung yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al-jam’iyatul Washliyah Tembung.Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, dimana di akhir siklus diberikan tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I di kelas VIII-5 sebanyak 40 orang terdapat aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I banyaknya siswa yang memiliki persentase aktivitas ≥ 70% secara klasikal adalah 4 siswa (12,90%) dan di akhir siklus II meningkat hingga mencapai 26 siswa (83,87%). Dari akhir siklus II diperoleh bahwa persentase aktivitas aktif siswa telah memenuhi kriteria keaktifan klasikal yaitu ≥ 75% siswa memiliki persentase aktivitas ≥ 70%.Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS hasil belajar (≥ 70) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 23 siswa (57,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 62,15. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa (≥ 70) secara klasikal telah tercapai yaitu 34 siswa (85%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 76,84. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 70,97%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 28,5%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV di kelas VIII MTs Al-jam’iyatul Washliyah Tembung T.A 2019/2020