PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa menggunakan media pembelajaran berbasis website dengan model kooperatif tipe scramble lebih tinggi dari pada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis website dengan model kooperatif tipe scramble pada pokok bahasan hidrolisis garam di SMA Negeri 21 Medan. Sampel penelitian di ambil secara purposive sampling dengan kriteria kelas yang memiliki kemampuan yang relative sama, kelas eksperimen diberi perlakuan belajar menggunakan media pembelajaran berbasis website dengan model kooperatif tipe scramble dan kelas kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis website dengan model kooperatif tipe scramble. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal objektif sebanyak 20 soal untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis website dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 78,00 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 67,00. Dari hasil analisis data gain, diperoleh rata-rata gain siswa kelas eksperimen sebesar 0,7414 dan pada kelas kontrol sebesar 0,5881 dan berdasarkan hasil analisis hipotesis uji t didapatkan thitung sebesar 8,064 dan ttabel sebesar 2,0021 dengan taraf signifikan α = 0,05 maka Ha diterima, sehingga peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis website (eksperimen) lebih tinggi dari pada peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis website (kontrol).