PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerepan model Problem Based Learning terhadap kemampuan generik sains siswa pokok bahasan larutan penyangga. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MA Negeri 3 Medan tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara random sampling, yakni kelas eksperimen (dengan model PBL) dan kelas kontrol (dengan model DI). Teknik pengumpulan data dengan metode tes, berupa soal-soal pokok bahasan larutan penyangga untuk mengukur hasil belajar kimia dan kemampuan generik sains siswa (pilihan berganda) Persyaratan uji normalitas menggunakan uji kolmogrov-smirnov, persyaratan uji homogenitas menggunakan uji levene. Analisis data menggunakan uji t dengan teknik independent sample t-test menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan analisa data, nilai rata- rata hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning meningkat dari 34,02 menjadi 80 dibandingkan dengan model DI dari 31,94 menjadi 74,58. Hal ini didukung oleh hasil uji hipotesis, diperoleh data bahwa sig (2-tailed) < α atau 0,003 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari data menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan generik sains siswa.