Pengaruh Penampilan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP N 37 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penampilan guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP N 37 Medan tahun pelajaran 2019/2020. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif dimana memiliki dua variabel yaitu x (penampilan guru) dan y (motivasi belajar siswa) yang menghasilkan data numerikal (angka). Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di SMP N 37 Medan yang berada di Jalan. Timor No. 36B Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 251 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 10% yaitu 25 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini bahwa tidak ada pengaruh penampilan guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP N 37 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari nilai lebih kecil daripada ( atau 0,194 < 0,396 dan hanya berkontribusi sebesar 3,7636% dan telah diuji dengan uji âtâ maka diperoleh < atau 0,966 < 2,069 pada taraf signifikansi 5% pada derajat kebebasan (dk) = N-2 (25-2= 23) maka hipotesis nihil (Ho) diterima yaitu tidak ada pengaruh penampilan guru terhadap motivasi belajar siswa pada mmata pelajaran PPKn di SMP Negeri 37 tahun pelajaran 2019/2020.