Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang melakukan praktikum dan siswa yang diperlihatkan laboratorium virtual menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar pada siswa yang berkemampuan awal tinggi dan rendah, (3) mengetahui interaksi antara siswa yang melakukan praktikum dan siswa yang diperlihatkan laboratorium virtual berkemampuan awal tinggi dan rendah terhadap hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 13 Medan T.P 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan rancangan faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif untuk kemampuan awal, hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Analisis data menggunakan Analisis of Varians (ANAVA). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar yang melakukan praktikum dan siswa yang diperlihatkan laboratorium virtual menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, (2) ada perbedaan hasil belajar siswa yang berkemampuan awal tinggi dan rendah, (3) ada interaksi antara siswa yang melakukan praktikum dan siswa yang diperlihatkan laboratorium virtual berkemampuan awal tinggi dan rendah terhadap hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.