Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 2 Rantau Utara T.A 2019/2020 yang berjumlah 36 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi relasi dan fungsi. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Dari hasil tes awal menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIA-1 masih rendah, terlihat dari 36 siswa hanya terdapat 8 atau 22,22% siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan komunikasi matemati. Setelah dilakukan tes kemampuan komunikasi matematis I (siklus I) persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan komunikasi matematis naik menjadi 63,89% (23 siswa) dan pada tes kemampuan komunikasi matematis II (siklus II) persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan komunikasi matematis menjadi 88,89% (32 siswa). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 2 Rantau Utara.